Mata memilih Satu Perhatian


danbo Gambar

Atensi atau perhatian adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. [1]

Informasi masuk dan keluar dari pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut,
pertama informasi diterima melaui indra manusia. Indra manusia yang menerima input dalam hal ini berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer adalah mata, telinga, dan kulit.
Ketika manusia melihat, informasi yang masuk dari mata kemudian disandikan ke dalam bentuk representasi internal ke otak, lalu di bandingkan dengan informasi yang selama ini tersimpan. Setelah itu otak akan memutuskan respon apa yang akan diberikan, dan tubuh akan mengeksekusi respon tersebut. (model pengolahan pada manusia, wicken) [2]

Seperti contoh kasus berikut
Manusia melihat ada api menyala diruangan kerjanya. informasi tersebut masuk melalui indra penglihatan atau peraba (mata melihat ada warna merah api, kulit merasakan hawa panas yang ditimbulkan.
informasi tersebut disampaikan ke otak dan dibandingkan dengan informasi yang tersimpan selama ini. bahwa nyala api bisa menjalar dan membahayakan. maka, otak memutuskan respon apa yang akan dilakukan. misalnya, menyampaikan pada rekan rekan kerja yang lain, menjauh atau segera menyiram dengan air untuk memadamkannya. jika respon pertama yang dipilih adalah memberitahukan rekan kerja yang lain, maka tubuh mengeksekusi respon yang dipilih tersebut dengan mengeluarkan suara untuk memberitahukan.

dalam kaitannya dengan atensi atau perhatian,
ada beberapa jenis atensi menurut groover yang dikutip oleh wikipedia
diantaranya adalah perhatian selektif / Selective Attention
Perhatian selektif terdapat pada situasi dimana seseorang memantau beberapa sumber informasi sekaligus.
Penerima informasi harus memilih salah satu sumber informasi yang paling penting dan mengabaikan yang lainnya.
Faktor-faktor yang memengaruhi perhatian selektif adalah harapan, stimulus, dan nilai-nilai. Penerima informasi mengharapkan sebuah sumber tertentu menyediakan informasi dan memberikan perhatian lebih pada sumber tersebut, memilih stimulus yang paling memberikan efek atau terlihat dibanding yang lain, dan memilih sumber informasi yang paling penting. [3]

Untuk menunjukkan hal ini, berikut disertakan sebuah video riset yang dilakukan dari Dr. Richard Wiseman dari University Hertfordshire, UK yang mengkaji bagaimana mata manusia memilih satu perhatian. Riset ini dilakukan terhadap beberapa orang yang dengan mempertontonkan sebuah video permainan basket. peserta disuruh untuk menghitung berapa jumlah lemparan bola yang dilakukan oleh para pemain dalam video tersebut.

hasilnya, partisipan sebagian besar tidak menyadari ada sesuatu yang terlewatkan dari perhatian mereka. artinya, menghitung berapa jumlah lemparan bola adalah perhatian yang menjadi fokus dari para peserta, sehingga mengabaikan hal hal yang lain.

References
[1], [3] (http://id.wikipedia.org/wiki/Atensi,2013)
[2] (Human Information Processing, 2009, http://te.ugm.ac.id)