Cerita Buku Ecek Ecek


Teringat pesan seorang dosen, mulai sekarang jangan biasakan membaca buku ecek ecek.. belajar lah dari sumber yang tepat.. . Statement tersebut ia katakan mengomentari cara belajar kami, yang masih membaca materi dari buku buku teks berbahasa indonesia. yaps pembaca, buku pegangan yang ada ditangan kami itulah yang disebut buku ecek ecek..

Sebelumnya, saya pribadi tidak terlalu menghiraukan bacaan dari buku buku literature berbahasa inggris, buku buku teks lokal yang tetap merujuk refrensi asli umumnya mendominasi bacaan saya, yang penting ulasan nya terstruktur, rinci dan mudah dimengerti. selama ini, meskipun sudah sering melihat teman teman yang belajar langsung dari buku teks berbahasa inggris, saya masih merasa saya tidak harus belajar dari buku buku tersebut untuk mendapatkan pengetahuan yang saya inginkan..

Qadarullah, setelah diberi kesempatan melanjutkan sekolah, saya merasakan tidak ada seorang pun dosen disini yang memberikan materi berbahasa indonesia, entah itu referensi, modul, atau slide presentasi. literature yang menjadi rujukan benar benar diupayakan berasal dari penulis asli atau penggagas utama konsep yang di bahas, demi utuhnya pemahaman dan penguasaan terkait hal tersebut. begitulah salah satu cara pandang dalam belajar yang benar di lingkungan ini.

Well, tentu saja tak mudah mengubah kebiasaan dari zona nyaman.. mencari referensi materi saja tidak bisa sembarangan. tapi kalau tidak dimulai sekarang lantas mau menunggu kapan? bukankah ittikad baik perlu kesungguhan? bersungguh sungguh belajar membiasakan diri memaknai baris per baris hingga beratus ratus halaman ebook mestilah jadi keharusan, dan bukankah belajar juga butuh kesabaran?

Berpegang niat belajar untuk kemudian dipersembahkan sebesar besarnya demi kemashalatan umat, mari kita telusuri setahap demi setahap🙂


Related Post :

		

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s