A Brief View of Open Data


Open Data for Development ITB

Berbicara mengenai open data, berarti kita berbicara mengenai data yang tersedia secara gratis di internet, dapat di gunakan dan diproses kembali serta disebarkan tanpa terkendala hak cipta/paten (can be used,reused,redistributed). 3 poin yang perlu dicatat adalah, data :
-Tersedia gratis secara utuh dalam bentuk yang memudahkan modifikasi
-Memiliki lisensi yang membolehkan penggunaan dan penyebaran ulang
-Tersedia untuk seluruh golongan tanpa diskriminasi, termasuk untuk keperluan komersial.

Bebas dan gratis artinya tidak ada halangan teknis untuk membuat data dalam format yang terbuka bagi semua orang, seperti halangan dari aspek hukum dan kebijakan dan biaya akses data yang dikeluarkan sesuai dengan biaya reproduksi (dalam hal ini adalah pemakaian internet).
Keterbukaan mencakup keterbukaan teknis dan legal. terbuka secara teknis berarti data tersedia dalam format standar machine-readable, memungkinkan pengolahan data lebih lanjut secara mudah. contoh : XML, JSON, CSV, KML dan Akses API. bukan dalam format yang menyulitkan seperti Pdf dan Adobe Flash. Sementara terbuka secara legal berarti data memiliki lisensi yang membolehkan penggunaan dan penyebaran data secara bebas, termasuk untuk kepentingan komersial. seperti Creative Commons,Open Goverment License for Public Sector Information dan sebagainya.

Mengacu pada rumusan yang telah di tetapkan oleh Tim Berners lee, terdapat 5 Tingkatan skala penyebaran Open Data yang ditandai dari bintang 1 sampai bintang 5 dengan karakteristik sebagai berikut:
– Bintang 1
Data yang tersedia di internet dalam bermacam format dengan status open licence.
– Bintang 2
Data tersedia bentuk machine-readable structured data (dapat diproses oleh mesin).
– Bintang 3
Data tersedia machine-readable structured data, dan bukan dalam format hak milik/paten.
– Bintang 4
menggunakan open standards dari W3C (RDF and SPARQL) dalam mengidentifikasi sesuatu
– Bintang 5 (Linked Open Data)
Berhubungan dengan data lain dalam menyediakan makna/konteks.

Open data dapat diterapkan di berbagai bidang, mulai dari data transportasi, statistik, keuangan, cuaca, lingkungan, sains, budaya maupun data geospasial. Penerapan open data membuka akses terhadap data secara luas sebagai bahan analisa, prediksi, kebijakan dan proses pengambilan keputusan. Pemanfaatan open data di negara negara berkembang memberikan sumbangsih dalam mensupport transformasi dan pembangunan. Setidaknya ada 3 poin yang tercover, yaitu
1. Transparansi
Dengan penyajian data dan laporan kinerja secara terbuka merupakan wujud transparansi dari pemerintahan, hal ini dapat meningkatkan partisipasi publik dalam kenegaraan.
2. Partisipasi
Open data memyediakan ruang bagi engagement antara pemerintahan, bisnis, dan publik yang sehat dan berkelangsungan
3. Nilai Sosial dan Komersil
Tersedianya data dapat membantu bisnis dalam mendesain produk dan jasa pelayanan publik yang inovatif

Dilain sisi, melihat permasalahan Data di Indonesia sendiri data masih kurang terbuka secara teknis dan legal, Penamaan dan pengklasifikasian data menyulitkan pencarian dan sangat banyak yang tidak tersedia online. disamping itu, berdasarkan survey dari Open Goverment Indonesia (OGD), ketersediaan open data pemerintah masih di level bintang 2 kebawah. Hal ini tentu membutuhkan support dan dorongan dari berbagai kalangan baik itu universitas, akademisi, mahasiswa, komunitas TI, e-entrepreneurs dan organisasi masyarakat sipil dalam peningkatan penggunaan dan penerapan Open Data di tanah air.

Note : Tulisan merupakan sedikit ulasan penulis dari Workshop Open Data yang diselenggarakan beberapa waktu lalu bertepatan dengan opendataday 22 februari di beberapa kota di dunia, termasuk Bandung. Workshop ini sendiri merupakan hasil kerjasamaThe World Bank, Asia Knowledge and Innovation Lab, IndonesiaWISE dan STEI ITB.

Source :
http://okfn.org/opendata/
Tim Berners-Lee’s Design Issues, http://www.w3.org/DesignIssues/LinkedData.html
http://opengovindonesia.org/en/


Related Post :

		

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s