Bedanya Manusia, Binatang, Malaikat, Jin, Iblis dan Syaitan


2012-11-02 17.31.36

Malam minggu romantis itu.. bisa nyante sambil otak atik blog😛

Anyway,, kayanya semua dah pada tau apa bedanya manusia sama binatang..
kalo diliat liat sih, bakalan bisa banyak banget bedanya ya.. tapi, kita ambil satu point mendasar aja. dimana letaknya beda manusia dan binatang.. kata cita citata versi dian ramadhani “letaknya tuh disinii!!” *sambil nunjuk pelipis
hehehe.. benar banget.. akal!

Manusia diberi empat potensi, Jasad, Ruh, Akal dan Hawa nafsu..
dengan semua unsur tersebut, manusia diuji dan menjadi makhluk yang dipilih Allah layak mengemban amanah menjadi khalifah di Bumi.. Begitu banyak ayat di dalam Al Qur’an yang selalu menyebutkan “Bagi kaum yang berakal” (Adz Dzumar : 009), “Tidak kah kamu melihat dan memikirkan” (Yassin : 71) dll..
Sementara binatang, Allah takdirkan hanya mempunyai insting.. bukan akal..
Tetapi, adakalanya Manusia yang telah diciptakan Allah dengan sebaik baik bentuk ini justru lebih rendah derajatnya dari binatang.. yaitu saat ” Mereka mempunyai mata, tapi mereka tidak melihat dan mereka mempunyai telinga, tetapi mereka tidak mendengar. Mereka bagaikan binatang, bahkan lebih rendah dari binatang. Mereka adalah orang-orang yang lengah.” (QS. Al-Araf : 179)..
Untuk itulah kita perlu menundukkan hawa nafsu kita, pada apa yang telah di tetapkan Agama.. agar tidak menjadi manusia yang dipandang rendah oleh Nya.. نعوذ بالله من ذلك

manusia dan binatang punya tiga kesamaan, yakni memiliki jasad, ruh dan hawa nafsu dan hanya satu perbedaan yakni akal.

lalu bagaimana pula dengan Malaikat? So pasti udah pada juga kaan..

Dalam Ayat Al Quran, Allah berfirman “Maha Suci Allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.” (Al-Anbiya: 26-27)..
Jadi malaikat memang sudah ditakadirkan Allah diciptakan hanya untuk melaksanakan segala perintahnya.. sehingga malaikat ga memiliki yang namanya hawa nafsu seperti manusia dan binatang. disamping itu, malaikat juga ga punya jasad. dalam hadist Rasulullah, “Malaikat itu diciptakan dari cahaya sedangkan jin dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan pada semua (dari tanah).” (HR Muslim dari Aisyah)..

sampai disini, malaikat punya dua kesamaan dengan manusia dan binatang, yaitu ruh dan akal. dan memiliki 2 perbedaan yaitu jasad dan hawa nafsu.

***

Malam minggu serem itu.. malam minggu kalo ketemu…? hehe, becanda😛

Berbicara mengenai jin, Jin adalah makhluk Allah yang sama sama tinggal di bumi seperti manusia. dan bersifat layaknya manusia, hidup dan mati. dan juga tidak luput dari perintah menyembah kepada Allah. “Dan Aku (Allah) tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah Ku (Allah)” (Ad-Dzariyat : 56)..
Allah mengutus Rasul kepada golongan jin seperti Allah juga mengutus Rasul kepada manusia.
“Wahai golongan jin dan manusia, apakah belum datang kepadamu rasul-rasul dan golongan mu sendiri, yang menyampaikan kepadamu tentang ayat-ayat Ku dan memberi peringatan kepadamu terhadap pertemuanmu dengan hari ini?…” (Al-an’am : 130)..

Kecuali satu hal. Jin tidak memiliki jasad. jin diciptakan dari api. Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Imam muslim dari Aisyah RA yang telah dikutip diatas.

Allah menciptakan jin tidak memiliki jasad layaknya manusia dan binatang. tetapi sama sama memiliki ruh dan akal dan hawa nafsu seperti manusia

Selanjutnya.. kita beralih ke iblis..
Iblis adalah makhluk Allah yang pernah sama sama pernah berada di Syurga seperti Nabi Adam AS dan Siti Hawa .
Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu aku menyuruhmu?” Iblis menjawab “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang Dia Engkau ciptakan dari tanah”. Allah berfirman: “Turunlah kamu dari syurga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, Maka keluarlah, Sesungguhnya kamu Termasuk orang-orang yang hina”. (Al Kahfi : 12)

lalu, terbuat dari apakah Iblis ini?
Dalam Al Quran, “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, lalu ia mendurhakai perintah Rabbnya” (QS al-Kahfi: 50)
Jadi, Iblis adalah termasuk kedalam golongan jin. dan tentu bersifat seperti jin.

Iblis memiliki akal, hawa nafsu dan ruh.. tetapi tidak memiliki jasad seperti manusia dan binatang

Dalam rangkaian surat yang sama, (Al A’raf : 11-18).. Iblis yang murka karena di usir dari syurga oleh Allah sebab tidak mau sujud kepada adam lalu meminta penangguhan usia nya, tidak mati hingga hari pembalasan tiba..
untuk apa? tentu saja untuk menyesatkan manusia..
“Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan”.Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu Termasuk mereka yang diberi tangguh.” Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus.. “

So, the last.. Siapakah yang disebut dengan Syaitan itu?
Allah mengatakan dalam firmannya, bahwa syaitan adalah musuh yang nyata bagi manusia. dan Allah jadikan musuh itu berasal dari kalangan jin dan manusia..
“Dan demikianlah bagi setiap nabi Kami menjadikan musuh, yang terdiri dari syaitan (jenis) manusia dan jin…” (QS al-An’am: 112),
“dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya syaithan itu musuh yang nyata bagimu”. (Al-Baqarah:168).

Jadi dalam hal ini berarti, syaitan adalah bala tentaranya iblis.. dari golongan jin dan manusia, untuk membantu menjalan kan misinya menyesatkan manusia..

Saat seorang jin atau manusia mengajak kepada kekufuran, maka saat itulah mereka menjadi syaitan.. yang menghalang halangi manusia dari jalan Allah.. mendatangi manusia dari muka, belakang, kanan dan kiri.. أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

Akhirul Kalam.. Ya Rabb, Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang orang yang engkau beri nikmat, dan bukan jalan orang orang yang sesat dan Engkau murkai.. Aamiiiin..



		

4 thoughts on “Bedanya Manusia, Binatang, Malaikat, Jin, Iblis dan Syaitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s