Pameran Produk dan Karya Inovasi ITB


Dalam rangkaian acara dies natalis yang ke 56 pada awal maret 2015 lalu.. ITB mengadakan pameran produk dan karya inovasi yang dihiasi berbagai macam produk hasil penelitian dan rekayasa para dosen/peneliti dan mahasiswa ITB. Diantara yang diperlihatkan dan sempat saya dokumentasikan antara lain..

1. Digital Mark Reader
scan dmr

DMR ini dibuat oleh prof iping dan kawan kawan, pembaca lembar jawaban ini sudah cukup lama ada dipasaran. dapat di beli sepaket atau hanya software saja. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung pemakaian (untuk lembaga pendidikan atau bisnis).

famplet dmr

2. Sistem pendeteksi cardiovascular
tampilan pemrosesan deteksi pembuluh darah
Alat ini adalah hasil kayra bioinformatika ITB. kolaborasi IT dan ilmu medis yang dapat mendeteksi kelenturan pembuluh darah. informasi ini biasannya digunakan oleh praktisi kesehatan untuk mendiagnosa penyakit pasien.

banner alat deteksi pembuluh darah

3. Fly Car
fly car
Layaknya mobil terbang di film 3D CG Stand by me doraemon, mobil ini dirancang tidak hanya untuk pemakaian di jalan raya tetapi juga terbang di udara. Hanya saja sayang, lisensi fly car ini terlah dijual oleh penelitinya ke korea selatan dan tidak dapat diproduksi lagi di indonesia.

4. Oddyseus
oddyseus
Oddyseus merupakan nama sebuah software. Sistem ini dapat menilai kebenaran hasil sebuah program dengan melewati sekumpulan testcase yang diberikan. Sistem ini digunakan oleh dosen pemograman di lingkungan Informatika ITB sejak beberapa tahun terakhir untuk mengevalusi program kodingan mahasiswanya. dan konon, oddysesus ini sama mengerikannya dengan namanya. mahasiswa harus mengalahkan kejelian oddyseus untuk lulus matakuliah pemograman.

5. Real Time Traffic Monitoringreal time tranffic monitoring
Traffic Monitoring ini sudah release, dipasang disejumlah titik yang rawan kemacetan, salah satunya dikawasan bogor. tujuan nya selain untuk memberikan informasi kepada pengguna, juga memerikan kemudahan kepada pihak berwenang dalam menangani kemacetan.

6. Antena Deteksi Senjata Api
antena deteksi
Inovasi di bidang militer ini memberikan kontribusi yang cukup membanggakan, fungsinya mendeteksi senjata api yang berada di area jangkauan, hasil deteksi akan tampil di layar monitor sehingga dapat disasar titik titiknya oleh aparat yang sedang bertugas.

halo

7. Robot Pintar
robot pintar
Robot yang di desain oleh jurusan elektro fakultas STEI ini memiliki fungsi fungsi dasar seperti mengenali wajah, menyapa, berjalan, menari yang kedepan nya akan dikembangkan dengankemampuan komunikasi dua arah dengan manusia.

8. Tenda Lipat
rumah sementara
Pada daerah rawan bencana, masyarakat yang mengungsi ditempatkan di dalam tenda tenda darurat, penampungan sementara ini terkadang berlangsung dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah rumah yang dapat dibongkar pasang dengan mudah dan lebih aman dan nyaman untuk para penghuninya.

famplet tenda

9. Kapal Selam Mata Mata
famplet kapal selam mata mata
Kapal selam mata mata ini berupa miniatur kapal mini yang dilengkapi kamera dan dapat diprogram berjalan sejauh radius kilometer tertentu.

kapal selam mata mata

10.Steroskop
Sekilas bentuk dan fungsinya mirip dengan kacamata 4 dimensi, tetapi bukan. kacamata ini disebut dengan kacamata steroskop yang memberikan experience gerak dan ruang.
steroskop

11. Mesin Angklung
mesin angklung
Terinspirasi dari sang cucu yang ingin mendengarkan nyanyian music angklung, seorang dosen ITB kemudian merancang sendiri mesin angklung yang dapat dipakai layaknya memainkan sebuah piano. Selain itu, mesin angklung ini juga didesain include dengan pemutar lagu yang sudah disimpan di database.
banner angklung

11. Produk Fashion dan Asesoris
produk seni rupa
Sepintas foto ini terlihat seperti stand ala distro yang dipajang di mall.. benda benda yang dipajang tersebut merupakan karya mahasiswa sekolah bisnis dan manajemen ITB yang mendesain produk produk tersebut dengan kerja sama bersama para pengrajin dan home industri untuk memproduksi dan memasarkannya.

12. Sistem Kendali Roket
sistem kendali roket
Seperti namanya, sistem ini berfungsi untuk mengendalikan peluncuran roket.

13.Kincir Air
kincir air
Kincir air merupakan instrumen penting bagi Pembangkit Listrik Tenaga Air, di desain dan di bangun dengan perhitungan tertentu untuk menghasilkan perputaran yang memadai sebagai suplai energi.

14. Aneka Desain
aneka desain
Fakultas Desain dan Seni Rupa merupakan penyumbang terbesar pada karya inovasi aneka desain ini. Bahan bahan yang diperoleh dari alam diproses lebih lanjut menjadi berbagai produk produk kerajinan dan industri.

Kursi dari Bambu
kursi bambu

kursi bambu lagi

Kursi dari Rotan
kursi rotan

Kursi dari Rotan Pendek
kursi rotan pendek

Perlengkapan Minum
tempat minum

Music Stand
tempat teks lagu

Biola
biola

15. pengurai limbah
pengurai limbah organik

Shampo Anti Ketombe
shampo anti ketomber

Pupuk Organik
organik

Minuman Orgnaik
minuman fermentasi jamur tiram
Minuman organik ini dibuat dari fermentasi jamur, menurut tim yang berjaga di standnya, minuman ini berkhasiat untuk penderita kolestrol. ketika dicicipi, minuman ini memiliki rasa yang mirip kuah sarden.

16. Mesin Pengolah Air
mesin nya
Ini bukan Piurit yang biasa anda lihat di televisi. Karena ITB memang tidak memproduksi pengolah air minum tersebut, tetapi melalui salah satu jurusan yang bernaung dibawah Teknik Sipil dan Lingkungan ITB mendesain sendiri mesin pengolah air limbah sehingga dapat dipergunakan kembali untuk keperluan sehari hari.

mesin pengolah air

17. Metro Kapsul
monorel
The last but not the least, Metro Kapsul. Angkutan ini seperti layaknya alat transportasi lain yang berbasis rel, seperti LRT, MRT, KRL dan sebagainya.. Meski masing masing nya punya perbedaan tersendiri.

Daftar produk dan karya inovasi diatas hanyalah sekian dari ratusan karya yang ditampilkan pada saat pameran. Untuk keterangan lebih lengkap dapat dilihat di booklet pameran yang di unduh oleh LPPM ITB.


Related Post :

		

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s