Peralatan Memasak MPASI Rumahan


Para mommy yang bayinya mulai memasuki masa 6 bulan (180 hari) dan ingin memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang diolah sendiri atau sering dikenal dengan istilah MPASI Rumahan, tentu sudah mulai mempersiapkan diri. Diantara persiapan yang perlu dilakukan untuk kelancaran masa masa tersebut ialah mulai mencari tau, bila perlu mengoleksi menu menu MPASI dan belajar mengolah/memasaknya sebelum hari H si kecil pertama makan. sehingga ketika saat itu tiba, mommy tidak gugup/kerepotan lagi karena segala keperluan termasuk bahan bahan dan peralatan yang dibutuhkan telah tersedia.

Untuk mommy baru yang belum berpengalaman, beberapa peralatan dibawah ini bisa jadi catatan dalam mempersiapkan MPASI si kecil. Tidak jauh berbeda dengan manajemen ASIP, peralatan dasar MPASI dapat dikategorikan menjadi 3 jenis.
A. Peralatan Memasak
B. Peralatan Menyimpan
C. Peralatan Menyajikan

Mari kita bahas satu persatu ;

A. Peralatan Memasak

Untuk memasak makanan bayi, khususnya 6-12 bulan. Yang diperlukan antara lain :

1. Satu set dandang dan kukusan
Ini penting untuk mengukus atau merebus makanan bayi, pengukusan adalah alternatif pengolahan terbaik untuk menjaga kandungan nutrisi dari bahan makanan yang dimasak. Dandang dan Kukusan ini dapat diganti dengan slowcooker (panci elektrik dengan suhu rendah).

2. Paci/Kuali
Digunakan untuk membuat bubur buburan. Bayi 6-9 bulan masih mengkonsumsi makanan lembek. Bubur merupakan salah satu menu andalan sumber karbohidrat dari biji bijian seperti beras putih, bers merah dan sebagainya. Kuali juga dapat digunakan untuk menumis makanan.
panci dan kuali
*kukusan&kuali : unbranded

3. Foodmaker.
Foodmaker ini umumnya digunakan setelah bahan makanan melewati fase masak (kukus, rebus, tumis dll). Dipasaran, foodmaker ini lazim dijual sepaket, tetapi mommy juga dapat membeli nya secara terpisah menurut fungsinya masing masing. Berbagai merk foodmaker yang ditawarkan (contoh pigeon, simba, puku, richell baby dll) itu pada umumnya terdiri atas beberapa spare part yaitu :

-kayu tumbuk –> untuk melumatkan makanan
-mangkoknya dan tutupnya –> tempat melumatkan makanan
-saringan –>untuk menyaring makanan yang masih kasar dan sukar dihaluskan, contoh kulit jagung),
-alat peras –> Memeras buah (contoh : jeruk)
-parutan –> Memarut makanan (contoh : apel, keju)
-piring –> Menampung makanan yang telah dihaluskan
-sendok –> Menyendok makanan dari wadah

Pembelian terpisah ini dapat menekan pengeluaran mommy. Yang harus diperhatikan adalah bahan yang digunakan harus food grade. jika menggunakan wadah, saringan, parutan dan sendok dari besi/aluminium, para mommy tidak perlu khawatir lagi karena bahan tersebut tidak mengandung unsur kimia berbahaya (bisphenol A) seperti yang terkandung dalam beberapa jenis plastik. Khusus untuk Alat peras, pilihlah merk merk yang memang BPA Free. Memilih peralatan yang bebas BPA ini tidak hanya berlaku untuk alat peras, tetapi seluruh perlatan ASI dan MPASI bayi lainnya. Pada dasarnya peralatan ini tidak harus baru, yang penting masih layak pakai dan bersih. tetapi jika memungkinkan dapat dipisah antara penggunaan untuk bayi dan rumah tangga. Penggunaan peralatan secara terpisah ini ditujukan untuk menjaga kesterilan nya (meminimalisir potensi terpapar bakteri/virus).

foodmaker
*wadah,saringan,parutan,sendok : aluminium. alat peras : grean leaf

4. Talenan dan Pisau
Idealnya dipisah antara talenan dan pisau untuk sayur/buah atau daging/ikan. tetapi, dengan masing masing satu buah sudah cukup jika sebelum di gunakan kembali dibersihkan dulu dengan air.
talenan dan pisau
*talenan&pisau : not recorded


B. Peralatan Menyimpan

Buat mommy yang tidak khusus memesak setiap hari/setiap kali makan tetapi tetap ingin memberikan MPASI Rumahan. Maka frozen food (MPASI yang dibekukan) dapat menjadi alternatif yang dapat dipilih. Untuk itu, mommy perlu menyediakan peralatan untuk membekukan dan menyimpan MPASI yang telah dibuat agar bisa bertahan hingga beberapa hari/minggu kedepan. Masih mirip dengan ASI yang dibekukan (ASIP), MPASI frozen food memerlukan manajemen agar nutrisi yang dikandungnya tidak berkurang dalam jumlah yang signifikan.

Yang perlu disediakan antara lain :

1. Cetakan Es (Freezer pod)
Untuk membekukan dan mencetak mpasi yang telah di haluskan sebelum disimpan. Kenapa perlu dicetak dalam ukuran yang lebih kecil? karena MPASI yang di bekukan akan mengeras sehingga sukar dipotong, jika MPASI disimpan dalam jumlah banyak dalam suatu wadah, maka MPASI yang tidak habis sekali makan akan terbuang, hal ini dikarenakan MPASI yang telah dihangatkan tidak dapat dibekukan kembali.

2. Wadah(toples)/babycubes/Plastik ASI
Untuk menyimpan mpasi beku yang telah dicetak. Dengan menggunakan wadah simpan dengan ukuran besar, maka dapat memuat lebih banyak stok MPASI beku. Babycubes sendiri dapat digunakan untuk menyimpan sekaligus menyajikan MPASI. Tetapi, dengan ukuran yang jauh kebih kecil, daya tampungnya juga juga lebih sedikit, untuk itu mommy mesti menyediakan nya dalam jumlah yang banyak jika ingin menggunakan babycubes untuk menyimpan MPASI beku. Plastik ASI yang berlebih juga dapat dijadikan wadah penyimpan MPASI. Wadah ini tidak harus dari merk import yang harganya relatif lebih mahal (avent, chico, lock n lock, munchkin, rubermaid, daisi), produk lokal seperti grean leaf, lion star, seal ware natural pack atau tulipware dapat menjadi pilihan aman dan murah.
Sementara, untuk mommy yang memiliki kesempatan memasak setiap hari, MPASI yang telah diolah pada pagi harinya dapat langsung disajikan kepada si kecil, adapun stok untuk siang-sore cukup didiginkan di kulkas bawah, kemudian di keluarkan beberapa saat sebelum diberikan kepada bayi agar suhu nya normal.

cetakan es toples plastik asi babycubes
*cetakan es : frean leaf, container : sealware natural pack, Plastik ASI : crown, Babycubes : luckybaby


C. Peralatan Menyajikan

Sebelum menyajikan makanan (MPASI Beku), mommy perlu menormalkan suhu makanan yang akan diberikan pada bayi. Salah satunya dengan menghangatkan. Untuk itu diperlukan:

1. Warmer
Warmer ini boleh diganti dengan mengaliri MPASI yang diletakkan dalam wadah/mangkuk dengan air hangat sampai suhunya normal sesuai suhu ruang.
crown sterilizer and warmer
*warmer : crown

2. Peralatan Makan, berupa ;

1. Piring saji/mangkok –> tempat makanan yang akan dimakan
2. Sendok –> menyuapi makanan pada bayi
3. Mug –> untuk melatih bayi minum di cangkir
4. Slabber/celemek –> penting agar makanan yang tercecer tidak mengotori baju, karena beberapa noda makanan lengket dan sukar dibersihkan. contoh pisang, jeruk, pokat dll.

peralatan makan
*piring : keaide biddy, sendok : bebycube nya lucky baby, mug : lusty bunny, slabber : bahan cotton ;dream baby & waterproof ; smart kids

Demikianlah gambaran peralatan yang dibutuhkan untuk membuat MPASI Rumahan, mommy dapat menyesuaikan peralatan tersebut dengan situasi dan kondisi serta budget masing masing. Selamat bereksperimenšŸ™‚



		

8 thoughts on “Peralatan Memasak MPASI Rumahan

  1. Pingback: Thousand Days | Samudra Kehidupan

  2. Pingback: A Thousand Days | Samudra Kehidupan

    • wah rajin ya mbak rizka..šŸ™‚, jadi pengen masak tiap hari juga nih.. pake slow cooker ya mba masaknya?, klw pas habis masak yang buat di makan di hari yang sama saya juga simpen di kulkas bawah sih, cuma ya ga tiap harišŸ™‚, makasih kunjungan nya ya mak :’)

      Like

  3. Lengkap banget mak perlengkapannya, saya juga setuju kebersihan peralatan makan anak penting bngt ya. Thanks for sharingšŸ™‚

    Like

    • ini masih kategori cukup mak, klw yang lengkap banget lebih banyak lagi, hihi…
      yup mak, saya termasuk yang pisahin peralatan baby sama penggunaan sehari hari..
      terimakasih kunjungan nya mak, salam kenalšŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s