“Good Healty Life Style” bersama dr David Budi Wartono (DF Clinic)


Siapa sih yang tidak ingin sehat? Semua orang bisa dipastikan ingin hidup sehat..  Apalagi kaum hawa, selain ingin sehat, mereka juga ingin cantik, sehat dan cantik untuk diri mereka sendiri.. sehat dan cantik untuk menyenangkan orang orang yang mereka sayangi..  
Tetapi pertanyaan kemudian, apakah dua hal ini (sehat dan cantik) dapat berjalan beringin? Yapp.. tentu saja, dengan menjalani pola hidup sehat niscaya kita akan mendapatkan “cantik” sebagai buahnya.. Oke, lalu bagaimanakah caranya?
dr. David Budi Wartono, satu dari dua dokter yang mendapat gelar master bidang estetika di Indonesia menguraikan 3 jurus “Good Healty Life Style” tersebut dalam ngobrol kece dengan tema “Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh” di hotel Best Western Premiere (BWP) La Grande, hotel gaya eropa “best western” yang berlokasi di Merdeka No.25-29 (depan Mall BIP) baru baru ini.  Meski tanpa slide, dr David dengan terampil mengupas tuntas materi berdasarkan pertanyaan dan keluhan peserta dalam acara yang ditaja oleh blogger bandung bekerjasama DF Clinic, yang merupakan tempat praktik/“klinik” dr.David yang terkenal dengan treatment “anti aging” nya sehari hari.
Exif_JPEG_420

Jurus pertama yang perlu diperhatikan adalah :

1. Good Food

Yeay.. Kita adalah apa yang kita makan, dan apa yang diserap oleh tubuh kita. Ketika kita memasukkan makanan yang tepat, maka tubuh akan memproses nya untuk memberikan hasil yang baik pula. Seperti apakah kriteria good food yang dimaksud ini?
pertama, Rubah pola makan.. Kenapa? karena kita jarang sekali memperhatikan kapan harus makan dan apa yang dimakan. Makanlah saat perut merasa lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.
Yup, sama persis dengan salah satu hadist Rasulullah SAW.. dengan demkian porsi makan akan terjaga, tidak berlebihan sehingga makanan yang tidak diserap tadi tidak ditimbun menjadi lemak dalam tubuh. Tidak juga sampai kekurangan karena membiarkan perut dalam keadaan kosong (lapar) dalam waktu yang lama sehingga tubuh kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan.

Bagaimana dengan sarapan? wajibkah makan nasi? jawaban nya kembali kepada diri masing masing. Jika tubuh terbiasa dengan sarapan dalam artian ketika bangun tidur di pagi hari langsung merasa lapar. Silahkan sarapan, sebaliknya jika baru lapar jam 1o atau 11 silahkan mengganti sarapan pagi sebelum lapar nya dengan cemilan sehat seperti buah buahan/jus/smoothie.

 Lalu apa yang dimakan? Pastikan komposisi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral nya terpenuhi. Karbohidrat bisa didapat dari makanan pokok seperti Nasi/kentang. Protein dari Daging, ikan dan Telur. Vitamin dan Mineral dari Sayuran dan Buah Buahan. Sayuran ini dibutuhkan dalam jumlah yang banyak, tidak hanya sebagai penghias hidangan menu makanan kita. Terlebih sehabis makan makanan yang “tidak sehat” seperti soda atau rokok bahkan cheese cake yang banyak mengandung gula, kita butuh beberapa mangkok sayuran untuk meteralkan pengaruh buruk dari makanan tersebut. Baik masakan yang dibuat sendiri atau makanan yang dibeli di rumah makan/warteg, pilih dan tetap diperhatikan komposisi nya. Jangan makan nasi dengan kentang lalu bola baso, isinya karbo lagi karbo lagi, dalam nasi, kentang dan bola yang terbuat dari daging dan tepung. Mirip problem ibu ibu setelah punya anak tubuhnya gemuk, tetapi air susu sedikit. Kenapa? Karena selama kehamilan tidak selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Asal makan banyak tetapi tidak memperhatikan makanan yang bergizi sehingga tidak mendukung produksi air susu dan tidak selesai di proses dalam  metabolisme tubuh.
kedua, Stop mengkonsumsi tepung tepungan, gula dan lemak jenuh berlebihan.. Kendalikan!, Apa bisa? Sebetulnya bisa saja dan sangat bisa. Kurangi konsumsi roti, kue atau gorengan.. apalagi yang dimasak dengan minyak non kelapa yang digoreng berulang. Karbohidrat yang berlebih akan akan diproses tubuh menjadi gula. Konsumsi buah buahan ini juga perlu diperhatikan, terlebih penderita diabetes. Usahakan buah buahan yang minim rasa manis. Cobalah jus sayuran polos, sperti jus brokoli. Lemon tea juga oke. Tapi untuk penderita sembelit sebaiknya tidak dipadukan dengan teh. Bagaimana dengan santan? boleh saja, tapi makanlah gulai/rendang bagian dagingnya saja, jangan lemak nya. Jika makan daging yang berminyak satu, maka dampingi dengan non minyak pada menu lain nya. Balancing food istilahnya, balance sayuran hijau dan seratnya, bisa dikukus, rebus, atau lalap.
Exif_JPEG_420

dr. David sedang menyampaikan materi seminar

2. Good Sleep.
Back to basic, lifestyle lainnya yang merusak adalah bergadang. Yeay.. Ini problem hampir seluruh laki laki/wanita dewasa saat ini. Entah itu karena pekerjaan atau kebiasaan, termasuk para blogger yang suka mencari inspirasi dimalam hari.. Ketak ketik sampai jam 3 malam pagi nya bangun dengan lingkar mata kehitaman. Ok, mulai sekarang benahi lagi pola tidurmu. Kalau kata penulis kita bisa ikut lagi contoh dari Rasulullah yang tidur segera setelah isya (its mean kira kira jam 8 malam) dan bangun di sepertiga malam terakhir (jam 3-4).. berarti sekitar 7-8 jam. What?? hihihi.. Intinya kita istirahat yang cukup. mau dimundurin jam 10-5 juga oke.
Kenapa? karena tidur malam ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ada 7 hormon penting yang di poduksi saat tidur malam hari.
 selanjutnya.
3. Exercise
Yup..  Maintain Regulary exercise. Olahraga lah minimal 30 menit setiap hari (anabolig). Olahraga yang baik untuk kekencangan kulit seperti berlari dan melompat (aerobik), maupun olahraga lainnya seperti barbel, sit up dan lain lain. Olahraga katabolig (lebih dari 30 menit) dapat dilakukan jika ingin mengurangi berat badan. Olahraga ini juga penting untuk proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Khusus bagi para muslimah yang sehari hari nya berpakaian tertutup dapat mensiasati minimal 15-30 menit terpapar sinar matahari di pagi hari agar tubuh tidak kekurangan vitamin D yang penting untuk absorbsi kalsium, untuk mencegah osteoporosis. Nah disini halaman belakang yang terbuka (kata penulis) ada gunanya. Jika tidak, suplemen vit D3 menurut petunjuk dokter bisa jadi solusi.
Selain itu, bangun lah pagi hari dengan sedikit hypnoterapi.  Sehabis mandi, di depan cermin katakan.
” Saya suka hidup sehat” sebanyak 30 kali . Selalu dengan kalinat positif. Tutup dengan “saya bahagia”. Berdasarkan penelitian, dalam 30 hari umumnya akan ada perubahan pada pola keseharian.  Yup.. Perubahan menuju Good Healty Life Style🙂..

Exif_JPEG_420

Selain 3 jurus tadi, Dr David juga menerangkan beberapa hal lainnya mengenai perbedaan kadar hormon antara laki laki dan perempuan dan pengaruhnya pada kecantikan, perawatan kecantikan minimal yang wajib dilakukan setiap hari dan tips tips nya. InsyaaAllah akan saya uraikan dalam postingan selanjutnya..
Bagi pembaca yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai estika dan kesehatan ini dapat menghubungi Dr david dan tenaga medis dan cantikan lainnya di :
DF Clinic
Jl. Leumah Neundeut No.10 Bandung 40164
Telp. (62-22) 2010593 | WhatsApp. 0812 2190 6850 | Pin BB. 7D38BCFC
e-mail. df_clinic@dfclinic.com
Jadi bagaimana, sudah siap menuju good healty life style?!! Siap donkk..

3 thoughts on ““Good Healty Life Style” bersama dr David Budi Wartono (DF Clinic)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s