Mitra Investasi Emas ku


Menikah, hamil dan melahirkan membuat saya berfikir lebih jauh dalam mengelola keuangan. seperti bagaimana memenuhi tuntutan kebutuhan keluarga dan keinginan keinginan dimasa yang akan datang, salah satu nya ialah pendidikan anak yang semestinya mendapat perhatian khusus karena pendidikan adalah salah satu pemberian terbaik dari orangtua kepada anaknya. Sebagaimana yang kita ketahui, Uang belasan juta saat ini tentu tidak akan sama lagi nilainya beberapa tahun / belasan tahun nanti karena adanya inflasi. Terdapat beberapa alternatif solusi, dan saya pribadi lebih tertarik untuk berinvestasi. Dalam artian, dana yang kita keluarkan dalam investasi tersebut masih fleksibel digunakan untuk beberapa keperluan dengan nilai yang meningkat di kemudian hari.

Cukup lama saya mencari cari jenis investasi seperti apa yang cocok untuk keinginan saya. Investasi yang ingin saya lakukan tergolong investasi menengah dan jangka panjang. Sudah terfikir untuk berinvestasi dengan emas, tetapi masih bingung pada tahap how to nya.  karena saya mematok investasi yang akan saya jalankan harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut: 

1. Aman

Aman jadi syarat nomer satu bagi saya dalam memilih investasi. Membeli emas dan menyimpan sendiri dirumah atau dalam bentuk perhiasan yang dipakai sehari hari jelas tidak masuk kategori aman menurut saya. Untuk itu, saya perlu mitra investasi. Memilih mitra yang terpercaya juga harus melihat track dan record nya. Minimal, emas yang diinvestasikan adalah emas murni keluaran PT. Antam sebagai satu satu nya BUMN

2. Minim Resiko

Sebagai pemula, saya belum berani mengadu nasib di pasar saham, obligasi atau forex. Selain belum mempelajari lebih lanjut, saya lebih memilih bermain aman dan minim resiko.

3. Minim Usaha

Yup, dengan status studentmom dan workingmom tentu saya tidak punya waktu banyak untuk mengurus investasi dalam bentuk usaha yang perlu dikelola dengan sungguh sungguh. oleh karena itu, saya perlu memilih investasi yang cukup tanam (setor duit) dan tinggal tunggu buahnya bisa dipetik nanti😛

4. Untung.

Namanya usaha tentu ingin untung kan. Jangan sampai karena salah pilih tempat dan jenis investasi nilai uang  yang dikeluarkan justru berkurang bukan malah meningkat. Emas adalah Investasi yang cukup stabil (meningkat) nilai nya di pasaran dari tahun ke tahun, dengan kemungkinan turun yang relatif kecil.

5.  Sesuai Syariah

Yes, berurusan sama riba itu ga ada habisnya. Cukup rekening gaji yang menggunakan bank konvensional. Untuk investasi, saya ingin memilih mitra yang menjalankan bisnis sesuai konsep syariah agar hati tenang dan nyaman menjalankan nya.

6. Mudah dicairkan

Investasi dalam bentuk rumah atau tanah tentu lebih cocok untuk investasi jangka panjang yang tidak mengejar deadline. karena jika rumah atau tanah dijual buru buru justru harganya akan jatuh. Emas sendiri terbilang mudah di cairkan, kita bisa memilih toko mas mana saja sesuka hati untuk menjual emas tersebut kembali.

 

Untuk itu, saya wara wiri dong kesana kemari tanya tanya sampe ikut seminar investasi untuk menuntaskan rasa penasaran saya..  Perjalanan ini bisa dibilang tarik ulur.. Saya sempat tanya tanya ke beberapa b**k sy****h yang menawarkan jasa tabungan dan cicilan emas.  Akan tetapi pada prakteknya tetap jatuh ke cicilan emas, dimana pada umumnya mengandung margin yang menjadi selisih harga emas pada saat transaksi dan total cicilan yang harus kita bayar.  Sang emas tetap belum sah menjadi hak milik selama masa cicilan belum terpenuhi.

dan akhir nya saya ketemu calon “Mitra Investasi Emas” yang satu ini. Bermacam macam pertanyaan saya ajukan. Mulai dari pertanyaan dasar tipe emas yang dijual, bagaimana cara membeli nya, bagaimana penyimpanan nya, bagaimana status hak milik dari emas tersebut, bagaimana jika saya hendak menjual nya, dan sebagainya. Petugas dengan sabar meladeni satu per satu pertanyaan saya. Sampai akhirnya saya mantab membuka tabungan emas dengan si ‘MIE” tersebut..

Selang beberapa waktu kemudian, bersempena dengan #RoadBlogBDG with Excite Indonesia yang saya ikuti bersama dengan para @bdgBlogger. Saya ketemu lagi dengan si “MIE” ini..

 

buku tabungan voucher dan selebaran

 

Yups, Sang “Mitra Investasi Emas” itu ialah Tabungan Emas Pegadaian.

jadi, Pegadaian tidak hanya menyediakan jasa gadai (konvensional maupun syariah) seperti yang umumnya diketahui masyarakat, tetapi juga menyediakan tabungan emas sebagai alternatif investasi yang cukup menarik bagi masyarakat. 

Sesuai motto nya, pegadaian memang menyelesaikan masalah tanpa masalah😀, Pegadaian menjadi pilihan saya dengan beberapa pertimbangan ;

  1. Investasi Emas di Pegadaian memenuhi kriteria investasi yang saya tetapkan.
  2. Syarat Mudah. Cukup mengisi formulir dan memberikan Fc Kartu Identitas (KTP/SIM/Paspor). di sebelah ada yang perlu pake surat keterangan pegawai / atau pengusaha dan juga ada batasan umur nya. Biaya administrasi cukup 5 ribu rupiah dan biaya kelola rekening 30ribu per tahun. Kebetulan, saya membuka rekening di seminar investasi yang bekerjasama dengan pegadaian sehingga tidak dipungut biaya apapun!😀
  3. Investasi Emas di Pegadaian bisa dilakukan dengan biaya yang sangat ringan, mulai dari 5000 rupiah untuk 0,01 gr emas. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika tidak mampu membiayai cicilan. Perlu dicatat, bahwa yang kita beli adalah emas nya, di rekening akan tertera berapa gram emas yang kita beli pada saat transaksi. Emas inilah yang nanti nya bebas kita cetak maupun jual kembali ke pegadaian.
  4. Emas yang tersimpan di pegadaian (plus di asuransikan) dapat kita cetak dalam bentuk batangan sesuai ukuran yang diinginkan mulai dari 5-100 gram (dikenai biaya cetak) jika ingin memperoleh wujud fisik nya.
  5. Bisa Menjual Emas kembali (buyback) di Pegadaian dengan harga pada saat transaksi. Jika 5 gram emas yang di tabung 10 tahun lalu yang telah mengalami kenaikan yang signifikan maka penjual akan diberikan uang senilai harga emas saat ini oleh pegadaian.

keunggulan pegadain

sumber gambar

Memang menurut petugas yang saya temui di Pegadaian cabang Dago, animo masyarakat akan tabungan emas saat ini cukup tinggi. Meningkat dari waktu ke waktu.

pegadaian cabang dago

Seperti inilah contoh Buku Tabungan Emas Pegadaian yang saya miliki

tabungan emas

identitas sengaja di hidden ya🙂

saldo emas

bagian yang di tandai adalah nominal emas yang ada saat ini  :-)

Selain tabungan emas, pegadaian juga masih memiliki produk produk usaha lainnya seperti krasida, kreasi, arrum (kredit usaha mikro/kecil), kredit motor/mobil (hasanah), bahkan tabungan haji, dan program program tersebut juga bekerja sama dengan excite indonesia dalam bentuk penukaran poin ke hadiah hadiah menarik setiap transaksi di pegadaian. Poin ini juga bisa diperoleh melalui #sahabatpegadaian program #consumergetconsumer dengan mengajak teman teman lain ikut bertransaksi dan menginstall aplikasi sahabat pegadaian di handphone

 

m nur kasan

Bapak M. Nur Kasan,, menyimak pemaparan beliau semakin meyakinkan saya untuk berinvestasi dengan cara menabung emas di pegadaian

Penjelasan lebih lengkap mengenai tabungan emas dan produk produk pegadaian lainnya ini bisa dilihat di :

Twitter :  Pegadaian

Face Book : Pegadaian

 www. Pegadaian.co.id

www.sahabatpegadaian.com

4 thoughts on “Mitra Investasi Emas ku

  1. Pingback: Thousand Days | Samudra Kehidupan

  2. Pingback: A Thousand Days | Samudra Kehidupan

Leave a Reply

