Skenario Program Matrikulasi IIP (Institut Ibu Professional)


Well, seperti yang pernah saya post sebelumnya.. saya daftar di kelas matrikulasi IIP, setelah transfer dan konfirm selang berapa hari saya di invite dalam grup matrikulasi. Grup tersebut di kelompokkan berdasarkan area demografi peserta. Nah, saya masuk di grup matrikulasi IIP Bandung. Setiap grup memiliki fasilitator yang terdiri dari beberapa orang untuk mengelola berjalan nya kelas. Kedepan saya akan dokumentasikan resume materi dan tugas tugas kami setiap minggu nya di blog ini, jadi pantengin terus yah🙂

Perkenalan saya pertama kali dengan IIP ini terjadi pada tahun 2013. Saat itu ada seminar family talent mapping yang di gagas oleh para alumni perempuan ITB yang tergabung dalam sebuah grup yang bernama “itbmotherhood”. Jangan bilang kalian para alumni itb ga tau grup ini ya?😀..

Jadi, kala itu ingin mengetahui bagaimana cara atau metode yang pas untuk mengeksplor talenta masing masing anggota keluarga. Jika kita punya anak yang kecil, sedari dini kita bisa mengetahui nih anak talenta nya kemana sih, sehingga bisa diarahkan pada kegiatan kegiatan dan keilmuan yang mendukung talenta tersebut. Yups, saya membayangkan kalau anak sudah tau passion nya dan bergelut dengan intensif di bidang tersebut sejak dini kelak insyaaAllah mereka akan jadi anak anak yang mumpuni di bidangnya.. You knows, kedepan dunia kita akan membutuhkan skill yang spesifik dan dalem. Nah, berhubung saya masih ga tau gimana cara mengeksplor passion itu dengan tepat makanya kemarin ingin ikut acara tersebut. Jangan sampai ketika kita arahkan ke satu bidang tertentu eh ternyata talenta anak bukan disana.. so pasti para saya dan para buibu ga mau hal itu terjadi kan..  Hanya saja, saya gagal mengikuti acara tersebut karena satu dan lain hal.. yah ga rezeki mau gimana lagi. akurapopo 🙂..  tapiiii teteupp ada hikmah nya dong, saya tetap dapat mencuri curi ilmu seputar parenting dan pendidikan anak melalui website, facebook dan channel youtube nya sebagai bekal bagi saya dalam mengoptimalkan peran sebagai ibu bagi anak anak saya.. aamiiiin.

Ok, jadi rangkaian kegiatan matrikulasi yang kami jalani berlangsung lebih kurang 2 bulan dengan 9 materi agar dapat diterima menjadi anggota komunitas ibu ibu yang insyaaAllah “berdaya” ini adalah sebagai berikut :

  1. Senin pagi pukul 08.00 wib materi yang di tulis oleh bu septi peni wulandari diberikan untuk di review oleh peserta
  2. Senin pagi hingga malam pukul 20.00 wib berlangsung diskusi antar peserta terkait materi tersebut.
  3. Senin malam pukul 20.00 – 21.00 wib sharing dan diskusi bersama fasilitator.
  4. Minggu sore pukul 16.00 akan di publish nice homework (NHW) yang harus kami kerjakan dan disetor dalam bentuk link kepada ketua yang ditunjuk hingga batas malam hari.

NHW ini semacam refleksi dari peserta terkait materi yang disampaikan.. di akir program, NHW ini akan jadi bahan evalusi oleh fasilitator dan bu septi sendiri dalam memutuskan lulus atau tidak nya calon peserta bergabung dalam komunitas Institut Ibu Professional dan berhak mengikuti berbagai kegiatan dan training yang dilaksanakan..

Btw, minggu ini materi sudah di mulai dan hari ini sudah ada NHW yang harus kami buat, penasaran kan?.. Kee stay tune disini ya.. dadaaa….

Baca Resume Matrikulasi Week1 ” Adab Menuntut Ilmu”



		

9 thoughts on “Skenario Program Matrikulasi IIP (Institut Ibu Professional)

  1. Pingback: Jurusan apa sih yang ingin ditekuni #1-NHW(IIP) | Samudra Kehidupan

  2. Pingback: Jurusan apa sih yang ditekuni #1-NHW(IIP) | Samudra Kehidupan

  3. Pingback: Resume Materi “Adab Menuntut Ilmu” #IIPWeek1 | Samudra Kehidupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s